Kesuburan Wanita


Berbicara tentang kesuburan, biasanya dimasyarakat awam suka dikaitkan dengan kata mandul, Yah satu kata yang tentunya dapat menjadi suatu hal yang menakutkan bagi pasangan suami istri, apalagi pasangan yang pengen cepat hamil, yang timbul dari permasalahan kesuburan suami ataupun dari permasalahan kesuburan istri.

Permasalahan kesuburan bisa dialami oleh pria ataupun wanita, baik yang lajang,baru menikah maupun yang telah lama berumah tangga. Kali ini kami akan membahas seputar cara alami untuk meningkatkan kesuburan pada kesuburan wanita.

Diantara cara alami dalam meningkatkan kesuburan wanita adalah :

1. Menjaga Berat Badan

Wanita yang cenderung memiliki berat badan berlebihan atau obesitas akan mengalami resiko ketidaknormalan masa mentruasi yang berhubungan erat dengan pembuahan.Terlalu gemuk/kurus dapat menimbulkan gangguan proses ovulasi. Menurut riset, wanita membutuhkan berat badan dengan kandungan lemak 17 hingga 21 persen agar ovulasi terjadi secara teratur.

2. Mengkonsumsi makanan organik

Bahan dasar pembuat hormon dalam tubuh adalah berasal dari makanan yang kita makan. Antioksidan yang terkandung dalam makanan juga membantu melindungi telur dan sperma dari radikal bebas. Adanya serangan radikal bebas yang berasal dari makanan-makan yang terkontaminasi banyak pestisida dapat berdampak buruk pada sel telur wanita, sehingga proses pembuahan tidak dapat berlangsung dengan baik. Makanlah makanan yang banyak sayuran dan buah organik – karena selain gizinya lebih baik, juga bebas pestisida yang dapat berdampak buruk bagi kesuburan. Buah dan sayur kaya serat, terbukti dapat menormalkan kadar gula darah yang menurunkan masalah kesuburan seperti PCOS, imunitas dan meningkatkan keseimbangan hormon. Buah juga kaya antioksidan yang baik untuk kesuburan, dan buah seperti jeruk dan citrus, strawberry kaya asam folat.

3. Perbaiki Pola Makan

Makanlah dengan pola makan seimbang tidak berlebih-lebihan, dimulailah dengan bacaan basmalah dan diakhiri dengan hamdalah, tentunya dalam komposisi protein, karbohidrat dan lemak yang seimbang dengan tubuh. Makanan yang tidak seimbang, misalnya terlalu banyak lemak, akan mengganggu keseimbangan hormonal tubuh.

4. Kurangi Stress dan Menjaga Kesehatan

Stress dapat membuat ketidakseimbangan hormonal dalam tubuh sehingga menyulitkan ovulasi. Karena itu hindari diri dari penyakit stress, diantaranya tidak terlalu over dalam bekerja, perbanyaklah mengingat Alloh. Penyakit tiroid juga dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang mempengaruhi kesuburan, untuk itu senantiasalah untuk menjaga kesehatan.

5. Minum Suplemen

Beberapa jenis suplemen dipercaya dapat meningkatkan kesuburan, seperti bahan kunyit dan asam dapat memperbaiki kerja organ reproduksi wanita. Mengkonsumsi madu penyubur kandungan juga diyakini berisi berbagai zat yang bermanfaat bagi kesuburan wanita.

(Sumber)