Tips Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

Cara memandikan bayi baru cara memandikan bayi baru lahirlahir sebenarnya sangat mudah, tetapi harus sangat hati-hati karena sangat licin dan bisa menjadi pengalaman yang menegangkan bagi ibu baru. Bayi Anda mungkin tidak suka terlalu banyak gerakan saat ia mandi. Dengan hanya sedikit latihan, Anda berdua akan mulai merasa lebih nyaman saat mandi. Mulailah dengan belajar dasar-dasar cara memandikan bayi baru lahir berikut ini.

Seberapa sering bayi saya harus mandi?

Tidak perlu untuk memandikan bayi baru lahir Anda setiap hari. Bahkan, memandikan bayi baru lahir Anda lebih dari beberapa kali seminggu dapat mengeringkan kulitnya. Anda harus membersihkan bagian-bagian yang benar-benar membutuhkan perhatian seperti wajah, leher dan area bekas popok.
Lebih baik mandi di pagi hari atau di malam hari?

Pilihlah waktu ketika Anda tidak terburu-buru atau mungkin terganggu karena memandikan bayi. Beberapa orang tua memilih memandikan bayi mereka pada pagi hari, ketika bayi mereka bangun dan siap untuk menikmati pengalaman. Orang tua yang lain lebih memilih untuk membuat mandi bayi bagian dari ritual tidur yang menenangkan. Jika Anda memandikan bayi baru lahir setelah menyusui, pertimbangkan untuk menunggu perut bayi Anda sedang tidak terlalu kenyang.

Memandikan bayi dengan lap basah apakah cukup baik?

Memandikan bayi baru lahir tidak selalu perlu dilakukan dalam bak air. Banyak Dokter hanya merekomendasikan mandi dengan spons atau lap basah sampai tali pusat tunggul jatuh yang mungkin akan memakan waktu hingga tiga minggu. Jika Anda ingin memandikan bayi Anda dengan lap bersih, Anda harus:

Menempatkan bayi di tempat yang hangat dengan permukaan datar. Di area kamar mandi atau dapur dengan mengubah meja atau tempat tidur menjadi alas yang baik. Bahkan selimut atau handuk di lantai cukup bagus jika itu cukup hangat bagi bayi Anda.
Gunakanlah selimut yang lembut, handuk untuk membersihkan dan melingungi bayi Anda. Lap semua bagian tubuh bayi dengan lembut dan tidak terburu-buru.
Ketika Anda siap untuk memulai memandikan bayi menggunakan spons atau kain lembut, siapkan pakaian bayi dan setelah mandi balut bayi dengan handuk lembut. Baringkan bayi pada posisi telentang pada selimut yang sudah di siapkan. Basahi kain lap lembut tersebut, peras kelebihan air dan bersihkan wajah bayi Anda. Tidak perlu menggunakan sabun karena bayi baru lahir belum membutuhkannya. Gunakan sedikit kapas basah berbentuk bulat atau kain katun bersih untuk menghapus atau mengelap setiap kelopak mata dari dalam ke sudut luar dengan  sangat hati-hati.

Ketika Anda membersihkan tubuh bayi Anda, air putih biasanya OK. Jika bayi Anda bau atau kotor, gunakan sabun pelembab ringan. Bayar perhatian khusus pada lipatan di bawah lengan, belakang telinga, sekitar leher dan di daerah popok. Juga mencuci antara jari bayi Anda dan jari kaki. Untuk menjaga bayi Anda hangat, hanya mengekspos bagian-bagian yang Anda mencuci.

Apa jenis bak bayi yang terbaik untuk memandikan bayi baru lahir?

Banyak orangtua memilih bak plastik yang dirancang khusus untuk bayi yang baru lahir. Orangtua lainnya memilih untuk cekungan plastik atau bak tiup yang sesuai di dalam bak mandi. Berjajar dengan handuk atau tikar karet atau wastafel kamar mandi bisa menjadi pilihan lain untuk Anda.



Perlu di ingat meskipun keselamatan adalah pertimbangan yang paling utama, belum tentu jenis bak tertentu akan bisa menjamin keselamatan bayi Anda saat mandi. Sangat perlu di perhatikan, jangan pernah meninggalkan bayi Anda sendirian di dalam air.

Berapa banyak air yang harus saya dimasukkan ke dalam bak mandi untuk memandikan bayi baru lahir?

Jumlah ideal air untuk mandi bayi baru lahir belum ada pedoman dari pakar, tetapi rekomendasi umum adalah setinggi 2 sampai 3 inci (sekitar 5 sampai 8 cm) air hangat. Untuk menjaga bayi Anda hangat, Anda bisa menuangkan air hangat ke tubuhnya saat mandi tetapi jangan berlebihan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menggunakan lebih banyak air untuk menyiramkan pada bahu bayi dapat menenangkan dan membantu mengurangi kekurangan oksigen pada bayi. Pastikan Anda menggendong bayi Anda dan memberi selimut agak tebal setelah mandi selesai agar memastikan bayi tidak masuk angin karena kedinginan.(sumber)