Tips Memijat Bayi Yang Benar

Memijat bayi yang di lakukan oleh Ibu setiap hari adalah cara yang bagus untuk membangun ikatan sang Ibu dengan bayi. Terlebih lagi para peneliti menemukan bahwa memijat bayi secara benar dapat membentuk tidur bayi lebih baik, menghilangkan kolik dan mungkin bahkan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi, keterampilan motorik, dan perkembangan intelektual bayi sendiri. Berikut ini adalah beberapa tips dan teknik untuk membantu Anda bisa memijat bayi dengan baik dan benar.

Untuk memijat bayi sebaiknya gunakan selimut atau handuk halus, dan minyak pijat yang di tempatkan dalam wadah yang tidak mudah pecah. Sebelum memijat bayi Anda sebaiknya Anda menguji minyak yang akan di gunakan pada titik kecil kulit bayi Anda dan menunggu beberapa jam untuk memastikan tidak ada iritasi pada kulit bayi Anda. Mulailah memijat ketika bayi Anda dalam keadaan tenang namun harus tetap waspada dan jangan memijat bayi setelah si kecil makan atau ketika bayi Anda mengantuk. Sebelum mulai duduklah di lantai dengan telapak kaki di solonjorkan. Letakkan selimut di atas kedua kaki Anda agar si kecil nyaman saat Anda memijatnya.

Pakaikan bayi Anda popok dan menempatkan bayi Anda di atas selimut dengan nyaman, Kaki bayi menghadap perut Anda dan kepala bayi tepat di ujung kaki dengan posisi bayi jangan sampai miring. Mulailah memijat bayi dengan sangat lembut seperti mengelus saja, lakukan dari kepala bayi hingga jari-jari kakinya. Jika bayi Anda meronta, menangis, atau menjadi marah, pindah ke bagian tubuh yang lain atau kalau sangat rewel Anda bisa mengakhiri pijatan untuk hari ini, jangan di paksakan hingga bayi Anda menikmati pijatan Anda. Jika bayi Anda merespon dengan baik, mulailah dengan lembut memijat bagian bayi sedikit demi sedikit, untuk tahap latihan Anda semaiknya memijat bayi dengan seperti mengelusnya dengan satu arah pijatan.

Memijat bayi di bagian perut

1 . Pegang perut bayi Anda dan gerakkan tangan Anda seperti dayung di perut bayi Anda. Mulai di dasar tulang rusuk, bagian bawah perut dengan satu tangan, kemudian bagian yang lain, hanya dengan gerakan seperti mendayung dan jangan terlalu kencang. Dengan usaha dan telaten Anda pasti Akan bisa memijat bayi dengan benar.

2 . Coba memijat perut bayi dengan ujung jari Anda dengan gerakan melingkar, gerakan jari sama dengan searah jarum jam.

3 . Memijat perut bayi dengan membelai seluruh perut sepanjang tulang rusuknya dari sisi kanan ke kiri dan ke bawah. Balikkan gerakan, dengan membelai dari bawah perut di sisi kanan dan sekitar pusar dan di sisi kiri.

4 . Memijat bayi dengan jari-jari Anda di sekitar pusar si kecil, gerakan searah jarum jam.

5 . Lakukan ini dengan hati-hati dan penuh kasih sayang. Tahan lutut dan kaki bersama-sama dan dengan lembut tekan lutut ke arah perutnya. Putar sedikit pinggul bayi ke arah kanan. Memijat bayi dengan gerakan ini membantu mengusir gas atau mengurangi kembung.

6 . Memijat bayi dengan menempatkan tangan Anda di perut bayi arah horizontal dan tarik tangan Anda dari sisi kanan ke kiri beberapa kali. Harus di hindari memijat perut bayi yang tali pusarnya belum sempurna.
Memijat Bayi Di Bagian Kepala Dan Wajah
1 . Pegang kepala bayi Anda dengan kedua tangan, pijat dengan lembut kulit kepala bayi dengan ujung jari Anda, gerakan seperti sedang keramas. Hindari menyentuh ubun-ubun bayi Anda karena masih sangat sensitif.

2 . Pijat telinga bayi Anda mengunakan ibu jari dan jari telunjuk.

3 . Pegang wajah bayi Anda posisi tangan seperti bentuk hati, dan kemudian tarik jari tangan Anda bersama-sama hingga dagu bayi.

4 . Lakukan dengan tempatkan ibu jari Anda di antara alis mata bayi Anda tarik keluar secara lembut dan perlahan-lahan.

5 . Sekali lagi memijat bayi dengan ibu jari Anda, tarik lembut ke atas kelopak mata dengan bayi mata tertutup.

6 . Tarik jari telunjuk Anda di luar hidung kanan kiri dengan arah ke atas hingga pipi.

7 . Menggunakan ujung jari Anda, memijat rahang bayi dalam lingkaran kecil dan lembut.

Memijat bayi bagian dada

1 . Tempatkan kedua tangan di dada bayi dan kemudian tarik keluar dari tulang dadanya ke bahunya.

2 . Kemudian dimulai pada tulang dadanya, menelusuri bentuk hati membawa kedua tangan sampai ke bahunya, kemudian turun dan kembali bersama-sama. Lakukan ini dengan hati-hati dan penuh perasaan.

Memijat bayi bagian kaki

1 . Angkat salah satu kaki bayi Anda dengan pergelangan kaki dan rileks dengan ringan menekan paha atas bayi Anda. Biasanya bayi Anda akan merasa sangat nyaman.

2 . Pegang pergelangan kaki bayi dengan satu tangan dan urut dengan jempol ke bawah hingga sekitar paha atas bayi Anda. Usap dari paha si kecil sampai ke kakinya.

3 . Dengan tangan Anda memegang paha bayi, usap turun dari pinggul ke kaki dengan kedua tangan berputar ke arah yang berlawanan, seperti gerakan saat Anda meremas-remas handuk.

4 . Di telapak bayi, menggunakan gerakan ibu jari Anda untuk memijat dari tumit ke jari kaki .

5 . Gunakan seluruh tangan Anda untuk membelai bagian bawah kaki bayi dari tumit ke jari kaki .

6 . Usap bagian atas kakinya. Lembut meremas dan tarik dengan perlahan masing-masing kaki .

7 . Pijat di sekitar pergelangan kakinya menggunakan lingkaran kecil .

Tips umum memijat bayi:

– Melakukan memijat bayi dengan lembut tapi tegas dan tidak menyebabkan bayi geli .
– Sebaiknya Anda memijat bayi Anda setiap hari.
– Ikuti sinyal bayi Anda kapan harus berhenti memijat. Pijatan biasanya akan sampai 30 menit, tetapi jika suasana hati si kecil tidak enak maka mungkin hanya 10 menit saja.
– Untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara memijat bayi yang benar Anda bisa membeli banyak buku referensi di toko buku Anda

Semoga artikel cara memijat bayi di atas bermanfaat bagi Anda dan bayi Anda. Selamat mencoba